·
Brokerage
Brokerage adalah model bisnis yang menghubungkan antara
penjual dan pembeli. Contoh: Kutubuku.com,
·
Advertising
Model ini merupakan perpanjangan dari model siaran media
tradisional. Dalam kasus ini, situs web, menyediakan konten (biasanya gratis)
dan jasa (seperti email, IM, blog) yang berisi pesan-pesan iklan dalam bentuk
iklan banner. Iklan banner dapat menjadi sumber utama atau satu-satunya
pendapatan. Model iklan dikatakan berhasil /baik ketika volume lalu lintas
penampil besar atau sangat spesifik, contoh: kaskus.us, Monster.com,
Craigslist,
CBS MarketWatch, NYTimes.
·
Infomediary
Data
tentang konsumen dan kebiasaan konsumsi mereka sangat berharga, terutama ketika
informasi digunakan untuk menargetkan kampanye pemasaran. Data yang dikumpulkan
secara independen yaitu tentang produsen dan produk. Berguna untuk konsumen
ketika mempertimbangkan pembelian. Beberapa perusahaan berfungsi sebagai
infomediaries (perantara informasi) membantu pembeli dan/atau penjual memahami
pasar tertentu.Contohnya : DoubleClick,
Nielsen//Netratings, Coolsavings, Edmunds,
·
Merchant
Grosir
dan pengecer barang dan jasa. Penjualan dapat dibuat berdasarkan daftar harga
atau melalui lelang, contoh: bukukita.com, bhineka.com, gramediaonline.com, Amazon.com, Lands' End.
·
Manufacture
(direct)
Perusahaan brick dan mortar yang telah memiliki bisnis
sendiri membuat web penjual dengan tujuan:
- Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.
- Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelanggan secrara langsung.
Adapun
beberapa contoh bisnis yang menggunakan model ini, yaitu:
dapurcoklat.com, gramediaonline.com, Dell Computer, Microsoft
·
Affiliate
Berbeda
dengan portal umum, yang berusaha untuk mendorong volume lalu lintas ke satu
situs. Model afiliasi, memberikan kesempatan pembelian kepada semua orang
yang mungkin mengakses. Hal ini dilakukan dengan menawarkan insentif keuangan
(dalam bentuk persentase dari pendapatan) untuk situs mitra afiliasi. Contohnya : Barnes &
Noble
·
Community
Kelangsungan
hidup model community didasarkan pada loyalitas pengguna. Pendapatan dapat
didasarkan pada penjualan produk tambahan dan jasa atau kontribusi sukarela;
atau pendapatan yang bisa dikaitkan dengan iklan kontekstual dan langganan
untuk layanan premium, contoh: kaskus.us, Indowebster.web.id, Red Hat, The Classical Station, WCPE.org.
·
Subcription
Pengguna
secara periodik dikenakan biaya berlangganan terhadap layanan : harian, bulanan
atau tahunan. Sehingga hal ini tidak biasa untuk menggabungkan konten gratis
dengan konten premium (yaitu : pelanggan atau hanya anggota), co: info ADN contohnya : Listen.com, Netflix, Classmates, Truste, America Online.
·
Utility
Layanan
didasarkan pada tingkat penggunaan yang sebenarnya. Misalnya digunakan untuk
layanan : air, listrik, layanan telpon jarak jauh. Penyedia layanan Internet
(ISP) di beberapa bagian dunia beroperasi sebagai utilitas, pembayaran pelanggan
untuk menit koneksi, contoh Internet Service Provider, Slashdot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar